Kamis, 01 Januari 2015

Mengenal Tata Surya

Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kita akan mempelajari berbagai macam aspek kehidupan di alam semesta baik di bumi maupun di langit. Tata surya misalnya. Pada kesempatan kita kali ini. Mari kita bahas Benda-benda diatas langit. Salah satu materi yang akan kita ambil kali ini adalah materi mengenai tata surya.

Mengenal Tata Surya

Tata surya adalah sebuah ilmu atau teori yang mempelajari tentang susunan matahari dan benda-benda langit yang mengelilinginya. Teori yang mempelajari tentang tata surya dibedakan menjadi dua yang diantaranya sebagai berikut. 

a. Teori Geosentris
Teori Geosentris ini diperkenalkan oleh seorang tokoh besar bernama Claudius Ptolomeus yang adalah seorang ahli perbintangan pada masa Yunani kuno. Tata surya menurut teori Geosentris menjelaskan bahwa bumi adalah pusat dari tata surya, sehingga benda-benda langit lainnya, termasuk bulan, matahari, bintang, bergerak mengelilingi bumi. 

b. Teori Heliosentris 
Teori Heliosentris diperkenalkan oleh seorang astronom di Polandia yang bernama Nicolaus Copernikus. Dimana tata surya menurut teori Heliosentris ini menyatakan bahwa pusat dari tata surya adalah matahari, dan benda-benda langit termasuk bumi bergerak mengelilingi matahari. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar