Kamis, 25 Desember 2014

Sejarah Pengembangan dan Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam

Sejarah Pengembangan dan Hakikat Ilmu Pengetahuan AlamSebuah Ilmu Pengetahuan Alam dihasilkan dari sebuah olah karya budi manusia, Yaitu dengan cara memanfaatkan akal  pikiran serta indera yang dimilikinya. Untuk menghasilkan sebuah karya budi, Manusia harus melewati beberapa aktivitas seperti berikut. 


Berfikir
Melalui Proses berfikir manusia kaan mampu menganalisa segala macam hal sehingga memperoleh pengetahuan yang benar. 

Bersikap 
Sikap sangat diperlukan untuk mendukung terciptanya pengetahuan baru baru yang belum pernah dikatahui sebelumnya, serta memperoleh kebenaran dari  sebuah ilmu pengetahuan tersebut.  Sikap ini berupa sebuah tindakan manusia menurut akal pikirannya, seperti tindakan mengamati , melakukan percobaan, melakukan riset dan sebagainya. 

Keterampilan 
Dengan menggunakan keterampilan yang dimilikinya manusia memanfaatkan alat inderanya untuk mengoptimalkan kesadaraan berfikir dalam mengamati serta menyelidiki sebuah gejala alam untuk mendapatkan kebenaran tentang pengetahuan. Penerapan keterampilan seperti ini adalah keterampilan yang telah dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. 

Ilmu Pengetahuan Alam berawal dari rasa ingin atau penasaran manusia terhadap benda-benda serta gejala-gejala alam disekitarnya. Rasa ingin tahu tersebut mendorong manusia menggunakan akal pikirannya untuk mencari tahu dan mempelajari gejala-gejala alam yang ditujukan memberi manfaat bagi kehidupan. Jadi dapat kita simpulkan Ilmu Pengetahuan Alam adalah Ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam apa adanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar