Minggu, 21 Desember 2014

Mari Belajar Penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam

Mari Belajar Penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam
Setiap waktu ke waktu perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) selalu mengalami kemajuan. Perkembangan ini telah ada sejak awal mula dari sejarah manusia. Dengan kata lain perkembangan Ilmu Pengetahuan ini bersisihan atau sejalan dengan perkembangan hidup manusia. Hal ini juga dikarenakan Ilmu pengetahuan lahir dari semua olah karya dan pemikiran manusia.

  Sebelum kita memulai belajar tentang penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam, alangkah baiknya apabila kita mengerti tentang apa yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan. Ilmu pengetahuan sendiri tersusun dari dua kata, yaitu ilmu dan pengetahuan.

1. Ilmu
Ilmu (sains) adalah merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa latin scientia yang memiliki arti knowledge, Ilmu merupakan proses penyelidikan yang berdisiplin, dan memiliki tujuan untuk meramalkan serta memahami gejala-gejala alam.

2. Pengetahuan
Pengetahuan atau disebut juga knowledge adalah sesuatu hal yang diketahui langsung dari sebuah pengalaman. Berdasarkan panca indera serta diolah dengan akal budi secara spontan. Yang intinya pengetahuan ini bersifat spontan, subjektif dan inisiatif.  Suatu pengetahuan selalu berkaitkan dengan sebuah kebenaran, dimana kesesuaian antara pengetahuan yang dimiliki dengan realitas yang ada pada objek.

Referensi

Andri Panduweni, Bahtiar Efendi, Amin Prayoga, Abu Ahmad, Juli (2012).Modul ILMU PENGETAHUAN ALAM : Aktual Gema Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar