Minggu, 07 Desember 2014

Manusia Sebagai Makhluk Individu Yang Bebas

Manusia Sebagai Makhluk Individu Yang Bebas
Manusia Makhluk Individu
Manusia sebagai makhluk individual dibahas dalam modul Pendidikan Kewarganegaraan kelas sepuluh. Pembahasan dari materi manusia sebagai makhluk individu ini mengenai tentang ciri khas, kepribadian, serta tugas dari individu manusia. Berikut ulasannya. 

Manusia makhluk individu mengarah kepada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh manusia dan membedakan individu satu dengan individu lainnya. Hal ini dikarenakan individu manusia dilahirkan ke dunia memiliki sifat yang berbeda-beda setiap individunya. Ciri khas manusia ini tentu merupakan kepribadian artinya individu manusia memiliki sifat khas baik sifat, sikap, tempramen, watak atau karakter, tipe, serta minat. 

Makhluk individu adalah individu yang bebas. Manusia memiliki atau berhak menentukan apa yang ingin dilakukannya, dipikirkannya, dan dikatakannya. Namun individu juga harus bertanggung jawab terhadap semua yang diperbuatnya.

Manusia sebagai individu juga memiliki arti lain yaitu setiap individu manusia  berhak  miliki kepribadiannya sendiri yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Manusia individu ini  diikatkan dengan lingkungannya melalui indera, lingkungan, jenis kelamin serta status sosial mereka.  Manusia yang tergolong dalam makhluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang hal - hal yang menurut ia baik dan sesuai dengan tindakan yang akan ia ambil.

Referensi

  • Andri Panduweni, Bahtiar Efendi, Amin Prayoga, Abu Ahmad, Juli (2014).Modul Pendidikan Kewarganegaraan : Aktual Gema Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar