Minggu, 28 Desember 2014

Sejarah Ditemukannya Tisu Toilet

Sejarah Ditemukannya Tisu Toilet
Tisu adalah hal yang tidak asing lagi bagi kita. Khususnya tisu toilet yang hampir disetiap toilet pada tempat-tempat yang berkelas selalu tersedia untuk membantu urusan buang air. Lantas bagaimanakah awal tisu toilet ini ditemukan? bagaimana sejarah penemuan tisu tersebut? dan Siapa penemu tisu pertama kali ? berikut ulasannya.

Toilet paper atau tisu toilet sudah digunakan di Cina sejak abad ke-14 serta dibuat dalam ukuran 2x3 inci. Di lain tempat manusia menggunakan apapun yang tersedia oleh alam untuk membantu urusan buang air. Sebelum ditemukannya tisu toilet manusia Mempergunakan daun, kulit kerang, serta kulit jagung sebagai pilihan yang sangat wajar. Berbeda dengan Bangsa Romawi, Bangsa ini saat itu menggunakan spons yang dipasang pada ujung tongkat yang telah direndam di air garam. Sedangkan dibeberapa tempat kebudayaan tangan kiri memiliki tugas membersihkan daerah-daerah pembuangan yang menjadikan tangan kiri mendapatkan stigma sebagai sesuatu yang kurang baik hingga saat ini.

Hingga pada abad ke sembilan belas, Bangsa Amerika memilih untuk menggunakan bahan bacaan yang sudah tidak terpakai. Belum jelas juga apakah ini menjadi alasan mengapa bangsa amerika selalu membawa bahan bacaan saat hendak menuju toilet.

Berdasarkan sejarah kertas tisu toilet pertama kali muncul pada tahun 1857, ditemukan dan dibuat oleh Joseph Gayetty. di tahun 1879, Scott Paper Company ini dibangun oleh Edward dan Clerence Scott yang adalah pasangan kakak beradik. Perusahaan mereka menjual tisu toilet dalam gulungan tanpa perforasi. Hingga pada tahun 1885 gulungan tisu toilet dengan perforasi diperjualbelikan oleh Albany Perforated Wrapping Paper Company.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar